Jumat, 30 November 2012

Baiklah , isi di dalam blog ini , saya menyadurnya dari beberapa pendapat orang..
Jujur saya baru belajar untuk membuat blog, jadi mohon kritik dan sarannyaa ..

A. SISTEM KOMPUTER DAN JARINGAN

Bagi setiap orang yang bekerja maupun mahasiswa , kita tidak akan pernah lepas dengan namanya komputer. Tetapi banyak diantara mereka tidak mengetahui apa - apa saja komponen yan ada didalamnya dan kebanyakan dari mereka hanya bisa memakainya saja. Maka dari itu , saya akan memapaparkan sedikit tentang komponen - komponen yang ada di dalam CPU .
  • Motherboard
Motherboard adalah komponen komputer tempat dimana kita memasang komponen - komponen lainnya seperti processor , video card , sound card , harddisk , dll.
  • Processor
Processor diibaratkan sebagai otak dari komputer , karena processor inilah yang mengatur dan memberikan instruksi ke komponen - komponen lainnya .Bentuk dari processor ini seperti clip kecil yang seukuran dengan persegi 4x4 cm.
  • RAM
RAM seperti yang diketahui bertugas untuk menyimpan data sementara dari suatu program yang sedang dijalankan kemudian data - data tersebut akan diakses secara acak atau random. Kepanjangan dari RAM ini adalah RANDOM ACCESS MEMORY.
  • Video Card
Komponen ini berfungsi sebagai menghasilkan output gambar dan bentuk tulisan yang akan ditampilkan ke monitor.
  • Sound Card
Sound Card berfungsi menghasilkan suara dan menyediakan port - port dalam bentuk inputan atau outputan.
  • Harddisk
Hard disk adalah komponen komputer tempat kita menyimpan data. Semakin besar kapasitas hard disk yang kita miliki di komputer kita maka semakin banyak juga data yang bisa kita simpan di komputer kita tersebut.
  • Optical Disc Drive
Walaupun tanpa sebuah optical disc drive komputer kita bisa nyala atau berfungsi, tetapi rasanya tanpa komponen komputer yang satu ini komputer kita seperti terisolasi dari dunia luar, terisolasi dari dunia luar maksudnya kita akan kesulitan jika suatu saat ingin meng-copy data, meng-install program, menonton film VCD atau DVD, yang semuanya tersimpan di dalam sebuah keping CD atau DVD. Optical Disc Drive ini bisa berupa CD-ROM, DVD-ROM, DVD-RW, Blue-Ray, atau lain sebagainya. 
  • Monitor
Monitor adalah komponen komputer yang berfungsi untuk menampilkan gambar yang di-output dari video card. Monitor komputer yang banyak tersedia di pasaran saat ini adalah monitor CRT (monitor tabung) dan monitor LCD, namun saat ini kebanyakan orang-orang lebih memilih menggunakan monitor LCD (terutama di kantor-kantor) karena monitor LCD ini selain tampilannya lebih modern, juga memiliki kelebihan lainnya yaitu hemat space dan hemat
  • Keyboard
Keyboard adalah sebuah komponen komputer inputan yang berfungsi sebagai alat untuk mengetikkan sesuatu. Selain keyboard standard, keyboard komputer saat ini memiliki model bermacam-macam, seperti keyboard mini, keyboard fleksibel yang bisa dilipat, keyboard wireless yang menggunakan bluetooth, dan lain sebagainya.
  • Mouse
Mouse adalah komponen komputer inputan yang berfungsi untuk menggerakan cursor di layar monitor kita dan untuk meng-klik sesuatu seperti tombol-tombol di sebuah program aplikasi. Mouse juga bermacam-macam modelnya, ada mouse standard, mouse untuk keperluan gaming, mouse wireless yang menggunakan bluetooth, dan lain 
  • Power Supply
Power supply adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk mensuplai arus listrik ke komponen-komponen komputer lainnya seperti motherboard, hard disk, optical disk drive, dan lain
  • Casing
Casing komputer adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi sebagai tempat kita meletakkan atau menempelkan motherboard, power supply, optical disc drive, hard disk, dan lain sebagainya. Casing komputer ini dibedakan berdasarkan ukurannya yang sering disebut juga sebagai form factor (seperti ATX dan MicroATX).
  • Floppy Disc
Floppy disks atau sering di sebut disket adalah tempat penyimpanan data yang biasa di bawa kemana-mana,bentuknya segi empat dan di dalamnya terdapat piringan hitam yang terbuat dari plastic dan dapat menampung data sekitar 1,4Mb ukurannya 3 ½ inch.
  • Fan
Fungsi utama dari sebuah kipas komputer adalah mengeluarkan panas dan menggantinya dengan udara segar ke dalam sistem. Kipas pendingin ini telah dirancang agar sesuai ditempatkan pada motherboard atau hard disk drive. Ada sekitar 3 atau 4 baling-baling kipas pada CPU. Ada juga komputer yang telah dirancang khusus sudah mempunyai kipas extra yang ditempelkan pada casing komputer yang terbuat dari alumunium, namun demikian kipas tersebut tidaklah cukup untuk meredam panas yang dihasilkan oleh CPU sehingga tetap harus dipasang kipas pendingin CPU, apalagi untuk komputer yang digunakan antara antara 12 hingga 15 jam sehari sehingga kipas tersebut tidak akan cukup untuk memberikan ventilasi udara yang memadai. Oleh karena itu kipas pendingin untuk CPU didesain dan telah terbukti mampu meredam panas yang dihasilkan oleh CPU walaupun komputer dioperasikan dalam jangka waktu yang lama. 
Sistem operasi pada komputer ada 3 macam yaitu
1. Brainware (Pengguna)
2. Software (Perangkat Lunak)
3. Hardware (Perangkat Keras)

B. MULTIMEDIA DAN DESIGN
 Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menampilkan informasi yang merupakan gabungan dari teks, grafik, audio dan video sehingga membuat pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi dengan komputer. 
Selain kombinasi dari objek-objek multimedia tersebut, terdapat juga 4
komponen yang penting lainnya, yaitu:   
1. Adanya komputer untuk mengatur apa yang akan dilihat dan didengar, dan apa yang akan berinteraksi      dengan penggunanya   
2. Adanya  link-link  yang menghubungkan informasi-informasi yang tersedia   
3. Adanya  tool-tool navigasi bagi pengguna agar dapat menggunakan informasi yang tersedia   
4. Adanya prosedur bagi pengguna untuk mengumpulkan, memproses  dan menyampaikan informasi dan ide-idenya.

Desain adalah proses yang memang harus dilalui dari awal sampai akhir. Dan tidak ada proses yang tiba-tiba jadi tanpa ada kritik dan ujian. Proses desain biasanya diawali dari brainstorming (pengumpulan ide), visualisasi bentuk (form desain), pembuatan desain (design layout/visualisation), pengujian kritik (critiquing). Barulah desain itu menjadi karya desain yang bisa diterima dan dipublish ke publik.

Desain terbagi dua yaitu Desain Grafiis dan Desain Komunikasi Visual.
a. Desain Grafis adalah Desain Grafis berasal dari 2 buah kata yaitu Desain dan Grafis, kata Desain berarti proses atau perbuatan dengan mengatur segala sesuatu sebelum bertindak atau merancang. Sedangkan Grafis adalah titik atau garis yang berhubungan dengan cetak mencetak. Jadi dengan demikian Desain Grafis adalah kombinasi kompleks antara kata-kata, gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus atau sangat berguna dalam bidang gambar. 

b. Desain Komunikasi Visual adalah adalah pada dasarnya merupakan istilah penggambaran untuk proses pengolahan media dalam berkomunikasi mengenai pengungkapan ide atau penyampaian informasi yang bisa terbaca atau terlihat. Desain Komunikasi Visual erat kaitannya dengan penggunaan tanda-tanda (signs), gambar (drawing), lambang dan simbol, ilmu dalam penulisan huruf (tipografi), ilustrasi dan warna yang kesemuanya berkaitan dengan indera penglihatan. 
Proses komunikasi disini melalui eksplorasi ide-ide dengan penambahan gambar baik itu berupa foto, diagram dan lain-lain serta warna selain penggunaan teks sehingga akan menghasilkan efek terhadap pihak yang melihat. Efek yang dihasilkan tergantung dari tujuan yang ingin disampaikan oleh penyampai pesan dan juga kemampuan dari penerima pesan untuk menguraikannya.

C. PROGRAMING

Pemrograman web itu merupakan salah satu cara membuat web dengan implementasi kode-kode bahasa pemrograman yang dapat berjalan di server. Bahasa pemrograman yang mendukung pemrograman web ini antara lain PHP, JSP, ASP dan lain-lain. Pada pemrograman web terdapat 2 sisi programming. Yang pertama itu Client side programming, client side programming itu proses dilakukan pada sisi client (browser), script programnya dapat dilihat hanya dengan menggunakan view source. Script tergantung pada browser, bila browser tidak mendukung script, maka hasil tidak akan terlihat. Terus yang kedua itu Server side programming  yaitu proses dilakukan pada sisi server, tidak tergantung pada browser, script programnya tidak dapat terlihat sehingga lebih aman dan dapat melakukan konektifitas dengan database, dapat juga memanipulasi.

Web merupakan kumpulan halaman – halaman untuk menginformasikan sesuatu dalam internet yang dapat berisi teks, gambar, animasi, suara, vidoe dan lainnnya. Dalam membangun sebuah web dikenal dengan pemrograman web dikelornpokkan menjadi 2 kelompok, yaitu :
a. Client Side : Informasi yang disampaikan akan langsung dieksekusi browser pada client. Contoh: HTML, Javaskrip dan lainnya.
b. Server Side : Informasi yang dikirim akan dieksekusi di web server sebelum disampaikan ke browser pada client. Contoh: PHP, ASP, JSP dan lainnya.
Aplikasi web diperlihatkan pada gambar. Klien berinteraksi dengan web server. Secara internal, web server berkomunikasi dengan middleware, dan middleware inilah yang berhubungan dengan basis data (database).
Middleware pada gambar tersebut merupakan perangkat lunak yang bekerja sama dengan web server dan berfungsi menerjemahkan kode – kode tertentu, menjalankan kode – kode tersebut dan memungkinkan berinteraksi dengan basis data. PHP, ASP, dan Perl adalah beberapa contoh middleware. Browser atau web browser adalah perangkat lunak di sisi klien yang digunakan untuk mengakses informasi web. Biasanya yang diterima dari web server dalam bentuk HTML. Contohnya: Internet Explorer, Netscape, dan Mozilla, dll.
Tanpa mengetahui dasar – dasarnya HTML seorang programmer web (lazim disebut web master) tidak akan memperoleh hasil yang maksimal, sebab walaupun software – software tersebut semakin menawarkan kemudahan dalam membuat halaman web, tetapi biasanya seseorang masih perlu untuk mengedit halaman web tersebut secara manual. Terutama untuk halaman web yang sangat komplek. Terdapat beberapa HTML authoring (software yang digunakan untuk membuat alau mendesain halaman web), contohnya Micromedia Dreamweaver, Adobe GoLive, MS FrontPage

  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar